MAKALAH KEWIRAUSAHAAN - PELUANG USAHA WARNET “ SALLYA NET “

PELUANG USAHA WARNET “ SALLYA NET “

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi pada saat ini sudah tidak terbendung lagi. Bahkan pada saat sekarang setiap detik manusia tidak akan lepas dengan teknologi. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi,  hidup kita pasti berhubungan dengan teknologi. Dengan perkembangan teknologi, maka memudahkan kita pada segala sesuatu. Bahkan saat ini teknologi sudah merupakan suatu trend kehidupan. Pemakaian teknologi merupakan simbul dari kemodernan seseorang atau bisa menunjukkan status sosial seseorang, Semakin canggih produk yang kita gunakan dengan memanfaakan tehnologi, maka menunjukkan semakin tinggi status sosial kita atau dipandang lebih modern.

Teknologi saat ini yang paling cepat berkembang adalah teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi. Perkembangan ini sangat terlihat akselerasinya dalam kehidupan, dan hampir setiap sisi kehidupan kita selalu merasakan manfaat adanya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi tersebut. Perkembangan tersebut akan menumbuhkan pula bisnis di bidangnya, sebagai contoh adalah internet dan komputer. Setiap perkembangan teknologi akan mendukung munculnya teknologi baru, atau fasilitas baru dalam suatu produk tersebut. Oleh karena itu maka produk–produk teknologi tersebut setiap saat akan naik dan terus meningkat jumlahnya.
Perkembangan teknologi komputer contohnya sangat jelas kita rasakan saat ini. Dalam teknologi prosesor sendiri, setiap tahun terjadi inofasi baru yang lebih baik. Perkembangan prosesor sebagai contoh keluarga Pentium 486, Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV dan sekarang core to duo. Prosesor merupakan otak dari komputer dan pengatur segala proses komputer. Konsumen biasanya menyesuaikan anggaran yang dimiliki untuk dapat memiliki komputer sendiri.  Karena teknologi adalah mahal, untuk membeli sebuah unit komputer yang dapat mengikuti perkembangannya memerlukan banyak dana.
Segala aspek kehidupan kini terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama komputer. Segala macam kegiatan manusia sudah dipermudah dengan adanya komputer. Namun demikian, banyak praktisi dalam dunia kerja yang kesulitan mengikuti perkembangan jaman karena usia yang tidak muda lagi, waktu yang mendesak dan dikejar deadline atas suatu pekerjaan tertentu hingga tidak memadainya skill untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu.
Keadaan tersebut mengakibatkan keberadaan jasa rental dan pengetikan komputer tetap eksis walaupun telah banyak pesaing yang muncul dikotasalatiga sendiri. Jasa pengetikan menggunakan komputer tetap memiliki tempat tersendiri di masyarakat kini. Namun tidak disangkal, bahwa usaha rental dan pengetikan saat ini tidak dapat bertahan apabila hanya menggantungkan diri pada satu jenis usaha saja. Kenyataannya sekarang ini masyarakat dengan mudah dapat memperoleh satu unit komputer jika hanya digunakan untuk mengetik. Keberadaan komputer di rumah–rumah telah banyak. Namun kebanyakan pemilik komputer kurang memiliki keterampilan yang cukup untuk merawat komputer yang dimiliki. Oleh karena itu, usaha rental dapat dikembangkan dengan sub usaha servis komputer.
Jenis bisnis lain yang cukup berkembang dewasa ini adalah teknologi digital. Maraknya perkembangan handphone, terutama yang dilengkapi fasilitas kamera dan pemutar lagu, merupakan pasar yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Peluang usaha cetak foto digital dari handphone menjadi tren usaha yang cukup menjanjikan income yang tinggi. Agar dapat survive, maka bentuk usaha yang didirikan harus memiliki banyak produk jasa.

1.2  Tujuan Dan Sasaran
            Tujuan dari Pembuatan Warnet diantaranya adalah sebagai berikut :
1.        Untuk melayani jasa ketik, browsing, dan lain–lain
2.        Agar memahami tentang Internet
3.        Mengetahui hal–hal positif yang bisa diambil dari membrowsing Internet
4.        Tidak ketinggalan dengan negara–negara lain yang sudah lebih mengenal Internet
            Adapun yang menjadi sasaran dari usaha warnet ini adalah :
1.        Masyarakat Umum
2.        Mahasiswa–mahasiswa
3.        Anak–anak Sekolah

1.3  Visi dan Misi
a.       Visi
Menjadi tempat tujuan setiap orang untuk berkomunikasi maupun hiburan khususnya dalam bidang teknologi internet

b.       Misi
1.    Meningkatkan kualitas dalam pelayanan terhadap pelanggan maupun konsumen baru
2.    Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang dimiliki

1.4   Tinjauan Teoritis
            Usaha adalah salah satu langkah atau cara setiap manusia dalam rangka mencapai tujuan. Manusia melakukan usaha dalam bidang produks barang maupun jasa. Peluang usaha setiap bidang usaha tentu saja berbeda–beda, mulai dari tergantu dari hasil usaha, pengorbanan yang harus dikeluarkan maupun modal yang harus dipunyai. Tentu saja dari itu semua tidak terlepas dari peran promosi dan komunikasi yang harus baik sebagai upaya untuk mendapatkan loyalitas konsumen serta menjadi image bagi masyarakat. Salah satu peluang usaha terbaik saat ini adalah peluang usaha dalam bidang teknologi informasi.





BAB II
MENGANALISIS USAHA

2.1  Identifikasi Produk (Barang/Jasa) Yang Tidak Dapat Diperoleh
            Teknologi merupakan suatu alat yang perkembangannya sangat pesat. Dalam satu bulan bisa saja muncul berbagai produk baru baik yang sifatnya melengkapi, menunjang, sebagai peningkatan produk, maupun yang menggantikan produk yang sudah ada. Hal ini tentu saja perlu menjadi sebuah landasan dalam kita menghadapi perkembangan teknologi tersebut.
            Perkembangan teknologi khususnya dibidang komputer dirasa saat ini sangat cepat sekali.hampir setiap minggu bahkan bisa dalam hitungan hari, berbagai produk maupun tipetipe baru dari komputer bermunculan.
            Di Kabupaten Garut ini yang merupakan kawasan pinggiran dari kota–kota besar lainnya dirasa perkembangan teknologi komputernya tidak secepat dikota–kota besar. Dalam menjalankan usaha warnet tentu saja perkembangan komputer dirasa sangat perlu sekali, oleh karena itu produk komputer yang terbaru sangat susah sekali diperoleh di Kabupaten Garut ini. 

2.1.1    Gagasan / Ide
                        Dalam menghadapi perkembangan teknologi komputer khususnya supaya bisa mengimbangi kota–kota besar, disarankan agar perusahaan–perusahaan penjual peralatan komputer di Kabupaten Garut harus mempunyai jalan tersendiri kepada perusahaan–perusahaan di kota–kota besar, supaya dapat mensuplai produk–produk terbaru.

2.2  Identifikasi (Produk / Jasa) Yang Kualitasnya Rendah
            Dalam perkembangan teknologi khususnya dalam bidang komputer, di Kabupaten Garut ini yang kebanyakan masyarakatnya hanya bersifat sebagai konsumen saja, dirasa menjadi kendala dalam pemilihan kualitas barang yang benar–benar mereka butuhkan.
2.2.1    Gagasan / Ide
                        Dalam menanggulangi permasalahan pola konsumtif masyarakat khususnya di Kabupaten Garut ini, perlu adanya suatu peneranga ataupun penjelasan maupun sosialisai mengenai perkembangan teknologi yang sedang maupun yang baru keluar atau baru diluncurkan oleh perusahaan pembuatnya, sehingga masyarakat di Kabupaten Garut khususnya dapat mengetahui mana yang disebut produk baru, mana yang disebut teknologi yang sudah tidak dipakai lagi.





BAB III
MENANGKAP PELUANG USAHA

3.1  Identitas Perusahaan
3.1.1  Nama Perusahaan
          Nama perusahaan yang akan saya buka dan yang akan saya jalani yaitu Warung Internet (Warnet). Adapun perusahaan tersebut akan saya beri nama Sallya Net. Alasan saya memberi nama tersebut karena ada sesuatu yang membuat saya selalu teringat dengan nama tersebut, dan nama tersebut  mudah diingat dan memudahkan orang untuk menyebut nama toko tersebut.

3.1.2  Alamat Perusahaan
          Alamat perusahaan yang akan saya buat yaitu di Jln. Raya Karangpawitan Kp. Patrol RT 03/01 Desa Cimurah Kecamatan Karangpawitan, yang tepatnya di pinggir jalan. Alasan saya memilih tempat tersebut karena tempatnya yang sangat strategis dan pesaingnya pun jarang.

3.1.3  Pemilik Perusahaan
          Nama pemilik perusahaan adalah Seli Nursolehah atau yang mengelola perusahaan ini yaitu Seli Nursolehah.

3.1.4 Penentuan Daerah Untuk Lokasi Usaha
          Pemilihan lokasi usaha yang akan saya buka atau yang akan saya jalani yaitu di daerah yang sangat jarang sekali pesaingnya walau pun daerahnya tidak terlalu terpencil. Alasan saya memilih tempat lokasi di sini supaya mudah terjangkau oleh para pelajar maupun masyarakat umum agar dapat membantu dalam mengerjakan tugasnya maupun pekerjaannya, karena di zaman sekarang ini perkembangan teknologi semakin maju dan perkembang. Saya sebagai pembuka usaha tidak ingin masyarakat di sekitar ketinggalan jaman.

3.2  Jenis Usaha / Jenis Produk Yang Akan Dijual
            Dalam menjalankan usaha ini saya sebagai pengusaha akan membuka Jenis usaha yang akan saya kelola tentu bermanfaat bagi masyarakat, yaitu jasa pengetikan, game online, browser, scanning, dll.

3.3  Modal / Keuangan
            Modal merupakan faktor utama dan sangat penting dalam menjalankan kegiatan usaha, tanpa adanya modal suatu perusahaan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Karena semua kegiatan perusahaan baik memilih tempat atau lokasi usaha, membeli bahan baku sampai menggaji karyawan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka dari itu saya akan melakukan kerjasama dengan pihak lain atau meminjam modal pada sebuah bank sebesar Rp. 50.000.000.

3.4  Pelanggan Yang Dituju
            Dalam menjalankan perusahaan ini pasti ada pelanggan  yang ditujunya. Oleh karena itu pelanggan yang akan saya tuju yaitu di kalangan masyarakat dan para pelajar serta para mahasiswa.

3.5  Kepuasan Yang Akan Di Berikan Kepada Pelanggan
            Kepuasan pelanggan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan dipenuhi. Oleh sebab itu kepuasan yang akan saya berikan kepada pelanggan yaitu pelayanan yang penuh perhatian, mutu, keramahan dalam pelayanan, dan sebagainya.




BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
            Dari berbagai uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
·     Perkembangan teknologi pada saat ini sudah tidak terbendung lagi. Bahkan pada saat sekarang setiap detik manusia tidak akan lepas dengan teknologi.
·        Segala aspek kehidupan kini terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama komputer. Segala macam kegiatan manusia sudah dipermudah dengan adanya komputer. Namun demikian, banyak praktisi dalam dunia kerja yang kesulitan mengikuti perkembangan jaman karena usia yang tidak muda lagi
·   Kondisi masyarakat yang sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan diperparah dengan kondisi perekonomian negara yang masih belum stabil.
·   Hal hal yang perlu diperhatikan pada saat bisnis Warnet  adalah lokasi,  koneksi internet, spesifikasi unit komputer dan ruangan serta ventilas udara.

4.2  Saran

            Demikian makalah yang kami buat, semoga makalah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan pengetahuan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->