“
Memulai usaha kecil dengan memanfaatkan toples bekas, busa boneka
bekas& kain perca menjadi
kerajinan tangan yg memiliki nilai jual ”
A. RENCANA BISNIS
1.
Latar Belakang
Usaha adalah
suatu bentuk kegiatan yg dapat menghasilkan uang & dapat meningkatkan taraf
hidup seseorang untuk menjadi lebih baik. Suatu usaha yg kita jalani dapat
menghasilkan laba semaksimal mungkin jika kita tekun dan kreatif dalam
menjalani usaha tersebut.
Banyak cara
yg dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti
sistem retail atau membuat sendiri produk yg dijual. Kegiatan usaha dengan cara
membuat sendiri, produk yg dijual akan lebih banyak kelebihannya dibandingkan
sistem atau kegiatan usaha lain. Selain produk yg dijual menarik minat , tentu
cara ini lebih mudah dalam menafsirkan atau menargetkan laba dengan total
produk yg akan dijual ke konsumen.
Dari
penjelasan latar belakang diatas, maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan
usaha dengan menggunakan cara memproduksi sendiri produk yg akan kami tawarkan
berupa kerajinan tangan “ Toples hias dari toples bekas, busa boneka bekas& kain perca “.
2. Visi dan
Misi
a ) Visi
Kepuasaan konsumen atas produk merupakan hal yg kami
utamakan.
b) Misi
–
Memperkenalkan Toples hias khususnya yg terbuat
dari barang bekas ke masyarakat.
–
Menciptakan hiasan yg lucu, cantik, dan menarik
dengan harga yg terjangkau
3.
Analisis SWOT
a) Strength ( Kekuatan )
–
Harga produk ekonomis
–
Kerapihan produk terjamin
–
Produk yg kami tawarkan menggunakan bahan yg
aman dan bersih
–
Produk yg kami tawarkan berbeda dgn produk lain
yg sejenis.
b) Weakness ( Kelemahan )
–
Terbatasnya bahan produksi ( toples bekas &
kain perca )
–
Lama waktu produksi untuk menghasilkan produk
dgn detail yg rapi.
c) Oppurtunity ( Peluang )
–
Banyak penjual lain yg menjual toples hias
menggunakan hiasan biasa sedangkan kami memanfaatkan kain perca.
–
Keunikan produk kami tidak kalah dengan produsen
lain.
d)
Threat ( Hambatan )
- Produk yg diperdagangkan berupa Toples Hias dari barang
bekas semakin tersingkir dengan adanya Toples hias yg biasa pada umumnya.
B. PROFIL USAHA
Nama Usaha : AYAA Shop
& Accesoris ( Anggie , Yuyun , Ajier, Arya )
Jenis usaha : Retail hiasan rumah tangga
Alamat : Jl. Wilis O-14 kepuh kiriman , Waru - SIDOARJO
Telepon : 085-931111394
a) Struktur Organisasi
Ø
Manager :
Masita Rosalianggie
Bertugas mengawasi, mengorganisir, mengontrol & mengatur semua operasional yg ada
dilapangan dari proses
produksi sampai back office.
Ø
Staff Promotion : Bertugas
mempromosikan & memperluas jaringan konsumen dengan menawarkan produk melalui online maupun melalui media massa
untuk menarik minat konsumen.
Ø
Staff Keuangan : Yuyun Fidiyaningsih
Bertanggung
jawab atas semua biaya yg masuk dan dikeluarkan oleh perusahaan.
Ø
Staff Operational : Arya Diki Wahang
Bertugas mengontrol bagian produksi dari awal pembuatan
sampai dengan penjualan.
C. ANALISIS PASAR
Analisis
pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai
pasar yang ada. Analisis pasar menyangkut Lokasi pasar, Luasnya pasar, Sifatnya
pasar dan Karakteristik pasar.
a) Produk yg akan dijual
Barang yg akan kami
jual dalam usaha ini adalah Toples Hias yg dibutuhkan oleh konsumen untuk
tempat kue yg disuguhkan pada tamu yg berkunjung dirumah dengan desain, hiasan
& bentuk yg menarik.
b) Penawaran dan Permintaan
Pada umumnya
masyarakat selalu menginginkan sesuatu yg berbeda, tidak terkecuali dengan hal
Hiasan rumah tangga. Dalam hal ini produk Hiasan yg kami tawarkan berupa Toples
hias dengan desain, hiasan & bentuk yg menarik.
c) Harga
Jual Produk
Harga jual produk yg
kami tawarkan ke pelanggan untuk tiap produk hanya sebesar Rp 39,999,- per
satuan barang.
D. RENCANA ANGGARAN
BIAYA
Dalam
kegiatan usaha ini, kami ada 2 jenis analisis produksi yaitu Analisis produksi
dari bahan toples bekas & Analisis dari bahan toples bekas + kain perca
dengan perincian sbg berikut :
a) Analisis produksi dari bahan toples bekas
Bahan-bahan yg kami
butuhkan sebagai berikut:
–
Toples bekas 1 buah
–
Busa
boneka bekas
–
Kain Flanel
4 potong @ Rp 4.000
–
Peralatan jahit Rp 8.000
–
Glue Gun 2 batang @ Rp 3.000
Total biaya yg dikeluarkan : Rp 27.000
b) Analisis dari bahan
toples bekas + kain perca
Bahan-bahan yg kami
butuhkan sebagai berikut:
–
Toples bekas 1 buah
–
Busa
boneka bekas
–
Kain perca Rp 4.000
–
Kain Flanel
3 potong @ Rp 4.000
–
Peralatan jahit Rp 8.000
–
Glue Gun 2 batang @ Rp 3.000
Total biaya yg dikeluarkan : Rp 27.000
E. STRATEGI BISNIS
Dalam pemasaran harus pandai dalam mengatur harga, tempat
penjualan, melakukan promosi produk. Salah satu promosi adalah dengan
menawarkan Harga miring untuk tiap bentuk Toples Hias. Inovasi yg bagus
terhadap produk yg diproduksi, seperti bagaimana bentuk yg unik dan bagaimana
membuat kain perca memiliki keistimewaan tersendiri.
a) Mengatur tempat penjualan
b) Strategi Produk
Kami menawarkan berbagai jenis, bentuk, warna dan motif yg
menarik dan keunikan yg berbeda dari Toples Hias pada umumnya.
c) Promosi
Produk
Promo produk kepada para pelanggan kami lakukan dengan cara
mempromosikan ke teman, keluarga, tetangga dan kami juga promosi via Online.
F. RENCANA AKTIVITAS
Dalam
menjalankan usaha ini, kami berencana menawarkan produk ke mahasiswa dikampus,
Siswa siswi sekolahan, Warga sekitar yg ada di lingkungan kami dan akan kami
coba memasarkan Via Online juga. Hal ini kami lakukan mengingat target konsumen
kami sangat luas.
G. KESIMPULAN
Menurut
kami usaha ini dapat berkembang dan akan mancapai keberhasilan. Kami sangat
yakin bahwa usaha ini akan maju terus dan berkembang karena dilakukan oleh SDM
yg memiliki kualitas dalam menjalankan pekerjaan. Produk yg kami jual juga
sangat unit dalam segi bentuk, hiasan, warna dan motifnya. Kami yakin pasar
akan menerima dengan baik produk dengan kualitas dan harga terjangkau yg kami
produksi.
Kami sadar
usaha ini tak akan langsung berkembang pesat namun kami akan terus berjuang
untuk menjalankan dan mengembangkan usaha ini.