-->

MODUL KEWIRAUSAHAAN ( II ) : KARAKTER WIRAUSAHA SUKSES : Memotivasi Diri Sendiri (Self Motivated)


Kewirausahaan adalah proses kemanusiaan (human  process)  yang berkaitan dengan kreativitas  dan  inovasi  dalam  memahami  peluang, mengorganisasi sumber-sumber, mengelola sehingga peluang itu terwujud menjadi suatu usaha yang mampu menghasilkan laba atau nilai untuk jangka waktu yang lama. Definisi tersebut menitikberatkan kepada aspek kreativitas dan inovasi, karena dengan sifat kreativitas dan inovatif seseorang dapat menemukan peluang. Pada bab ini, akan dikemukakan lebih mendalam mengenai karakter seorang wirausaha berdasarkan pendapat para pakar kewirausahaan maupun pebisnis itu sendiri.

Menurut David (1996) karakteristik yang dimiliki oleh seorang wirausaha memenuhsyarat-syarat keunggulan bersaing bagi  suatu perusahaan/organisasi,  seperti inovatif, kreatif, adaptif, dinamik, kemampuan berintegrasi,  kemampuan mengambil  risik atas keputusan yang dibuat, integritas, daya-juang, dan kode etik niscaya mewujudkan efektivitas perusahaan/organisasi.

Adapun menurut pendapat Bygrave (1996), karakter seorang wirausahawan adalah irisan dari berbagai sikap mental positif dan membutuhkan proses yang berasal dari internal maupun eksternal.

Disamping itu, dalam suatu penelitian tentang Standarisasi Tes Potensi Kewirausahaan Pemuda Versi Indonesia; Munawir Yusuf (1999) menemukan adanya 11 ciri atau indikator kewirausahaan, yaitu:


1.  Motivasi berprestasi

2.  Kemandirian

3.  Kreativitas

4.  Pengambilan resiko (sedang)

5.  Keuletan

6.  Orientasi masa depan

7.  Komunikatif dan reflektif

8.  Kepemimpinan

9.  Locus of Controll

10. Perilaku instrumental


11. Penghargaan terhadap uang.



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->