Modul Kewirausahaan (XIII) : Manajemen Keuangan Usaha

Manajemen keuangan dalam berwirausaha tentu berbeda dari manajemen keuangan pribadi.  Dalam situasi  ini,  seorang wirausahawan dituntut  untuk  lebih bijak dan disiplin mengelola keuangannya. Dan yang  terpenting, harus  mampu memisahkan  keuangan usaha dengan keuangan pribadinya.

Manajemen  keuangan  merupakan  manajemen  terhadap  fungsi-fungsi keuangan. Fungsi-fungsi  keuangan tersebut meliputi begaimana memperole d ana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana  tersebut  (allocation of  fund). Manajer keuangan berkepentingan  dengapenentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada berbagai aktiva dan memilih sumber-sumber  d ana untuk membelanjai aktiva tersebut.

Manajemen keuangan berhubungan dengan tiga aktivitas (fungsi) utama:


a.  Allocatio o fund (aktivita penggunaan dana yait aktivitas   untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
bRaising of funds (aktivitas perolehan dana) yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana baik dari sumber internal perusahaan maupun sumber eksternal perusahaan, termasuk juga politik dividen.
c.   Manajemen assets (aktivitas pengelolaan aktiva) yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva-aktiva harus dikelola seefisien mungkin.



Uang adalah satu bentuk kekuasaan, kekuatan. Tetapi apa yang lebih kuat adalah pendidikan finansial. Uang datang dan pergi, tetapi jiuka Anda mempunyai pendidikan tentang bagaimana uang bekerja, Anda memperoleh kekuasaan atasnya dan dapat mulai membangun kekayaan. Robert T. Kiyosaki


Baca atau Download selengkapnya di sini



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->