Kuliah Gratis


KULIAH GRATIS

Ada kabar gembira buat para pencari ilmu! Sekarang, kita bisa mendapatkan akses ke pendidikan berkualitas dari universitas kelas dunia secara cuma-cuma alias gratis. Kita hanya harus mempunyai komputer dengan koneksi internet dan kemauan yang kuat untuk belajar.

Saat ini sudah banyak lembaga non-profit yang menawarkan kuliah online secara gratis. Lembaga-lembaga tersebut juga bekerjasama dengan universitas dan institut terkemuka di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk memberikan akses  pendidikan tinggi dan berkualitas ke seluruh dunia. Lembaga-lembaga tersebut diantaranya adalah:


1. Coursera (www.coursera.org). Coursera dibangun oleh 2 orang profesor dari Stanford University dan saat ini telah bekerjasama dengan 33 universitas ternama di seluruh dunia, diantaranya adalah California Institute of TechnologyBrown UniversityPrinceton University, Mount Sinai School of Medicine, danColumbia Univeristy.
Saat ini Coursera membuka 195 kelas yang tersebar di 15 kategori (Biology & Life Science, Business & Management, Computer Science, Economics & Finance, Education, Electrical & Materials Engineering, Food & Nutrition, Health-Safety & Medical Ethics, Humanities and Social Sciences, Information-Technology & Design, Mathematics, Medicine, Music-Film & Audio Engineering, Physical & Earth Sciences, Statistic-Data Analysis &Scientific Computing).
Setelah selesai mengikuti kuliah, coursera juga memberikan sertifikat yang menerangkan bahwa kita telah menyelesaikan kelas yang kita ambil dan ditandatangani oleh profesor yang bersangkutan.

2. EdX (www.edx.org) edX merupakan lembaga gabungan yang diinisiasi oleh Massachusets Instutte of Technology dan Harvard University. University of California at Berkeley baru-baru ini juga bergabung sebagai partner edX.
Musim gugur 2012 ini, edX membuka 7 kelas yang di ajar oleh profesor dan dosen berpengalaman dari ketiga universitas top di amerika itu.

3. Udacity (www.udacity.org) Udacity merupakan organisasi pendidikan swasta yang didirikan oleh Sebastian Thrun, David Stavens, dan Mike Sokolsky, sebagai usaha untuk mewujudkan pendidikan yang demokratis. Udacity juga bekerjasama dengan instruktur pengajar dan profesor dari univerisitas terkemuka di Amerika.
Kelas di Udacity ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Beginning Courses, Intermediate Courses, and Advanced Courses. Kelas-kelas yang ditawarkan umumnya berhubungan dengan Computer Science dan Teknologi Informasi.

4. Khan Academy (www.khanacademy.org) Khan Academy ini memang sangat fenomenal. Bill Gates saja sampai mengatakan bahwa situs ini telah banyak membantu anaknya dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Memang, berbeda dari ketiga organisasi sebelumnya, Khan Academy ini lebih ditujukan untuk membantu kita memahami pekerjaan rumah atau tugas-tugas sekolah dan kuliah kita, jadi semacam les privat gratis setiap saat. Pertama kali datang ke situs ini saya sampai speechless dan sedih kenapa ga ada ini dari dulu..hehe. Dari mulai aljabar, imunologi, opportunity cost, sejarah seni, sampai persiapan tes masuk universitas seperti GMAT dan Singapore Math semuanya ada (sayang SNMPTN ga ada..hehe). Khan Academy ini dibuat oleh Salman Khan yang memiliki 4 gelar sarjana (B.S), yaitu di bidang matematika, teknik elektro, dan ilmu komputer dari MIT, gelar magister (M.S)di bidang teknik elektro dan ilmu komputer, juga dari MIT, dan gelar MBA dari Harvard Business School.

Nah, bagaimana? tertarik untuk mengikuti kuliah online ini? langsung daftar saja, caranya sangat mudah. Oia, walaupun beberapa organisasi memberikan sertifikat, tentu saja sertifikat mungkin tidak berlaku sebagaimana sertifikat yang kita dapatkan secara formal. Namun, Ilmu yang kita dapat sama berharganya dan sertifikat itu menjadi bukti ketertarikan kita akan ilmu tersebut dan keinginan kita untuk belajar.


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->