Cara Cek Plagiat

Plagiat merupakan sebuah kebiasaan buruk yang harus dihindari, apalagi dalam dunia pendidikan. Plagiat dapat terjadi tidak hanya pada penulisan karya ilmiah ataupun artikel, tetapi juga dapat terjadi pada pengerjaan tugas oleh peserta didik, yang terakhir ini terkenal dengan istilah mencontek atau kerennya sekarang disebut “copas” (copy-paste). Dengan kemajuan teknologi dimana peserta didik mengerjakan tugasnya dengan bantuan komputer maka copas akan sangat mudah sekali dilakukan. Tapi dengan kemajuan teknologi juga copas akan sangat mudah dideteksi.
Terdapat beberapa software yang dapat mendeteksi copas atau tulisan plagiat, sehingga pengajar tidak perlu repot-repot membandingkan antara satu tulisan dengan tulisan lainnya. Bahkan bisa membandingkannya dengan tulisan yang tersedia online di internet.
Berikut beberapa software yang saya temui di internet yang mampu mendeteksi plagiat :
  1. www.plagiarismchecker.com ,Layanan ini tersedia secar online, dapat mengecek suatu paragraf apakah ada yang menyerupai atau tidak. Kelemahannya kita harus meng-copy paste-kan paragaraf demi paragraf untuk mengecek suatu artikel atau tugas peserta didik, dan tentu saja kita harus terhubung pada jaringan internet. 
  2. www.articlechecker.com ,Hampir sama dengan yang di atas, kita harus kopikan paragraf yang hendak diperiksa, namun layanan ini tampilannya lebih sederhana sehingga lebih mudah digunakan. 
  3. www.plagiarismdetect.com ,Yang ketiga ini lebih baik dari dua di atas, tersedia secara gratis maupun berbayar. Walaupun gratis pengguna diminta untuk mendaftar terlebih dahulu. Kelebihannya kita tidak perlu copy paste artikel yang hendak dicek, cukup dengan meng-upload file yang hendak dicek maka pekerjaan kita selesai. 
  4. www.textbroker.com ,Berbeda dengan tiga layanan diatas, yang keempat ini sudah dalam bentuk program yang dapat di-download secara gratis. Program textbroker dapat anda download disini 
  5. www.scanmyessay.com ,Ini dia yang saya anggap paling baik dari semua yang pernah saya coba. Layanan ini sudah dalam bentuk program (software) dengan nama VIPER. Anda dapat mendownloadnya disini secara cuma-cuma alias gratis. Kelebihan lainnya program ini mampu mengecek dari hardisk anda dan internet, sehingga jika tugas peserta didik tadi dikumpulkan dalam bentuk softcopy dan diletakkan dalam laptop anda maka anda akan sangat mudah mengoreksinya. Kelebihan lainnya, program ini memberikan nilai berapa persen kemiripan tulisan yang satu dengan lainnya, setelah itu kita juga dapat membandingkannya. Tulisan yang sama akan diberi tanda merah pada kedua file. Kelemahannya program ini memerlukan waktu lebih lama dibandingkan layanan online yang ada diatas, tetapi ini saya anggap wajar untuk menampilkan hasil yang lebih baik.
  6. www.safeassign.com ,Dari review dan contoh hasil koreksinya, program yang diberikan web no enam ini sepertinya bagus, namun saya belum pernah mencobanya. Software ini diberikan secara cuma-cuma, namun anda harus request terlebih dahulu di web tersebut untuk mendapatkannya
  7. Masih banyak lagi layanan serupa, anda bisa cek di www.searchenginereports.net, atau www.plagiarisma.net. 
Tampilan dari  software VIPER :

Cara Kerja Software Plagiarisme
Secara garis besar cara kerja software-software anti plagiarisme cenderung sama. Tahap pertama software meng-input data dari user (pengguna), kemudian software mulai bekerja dengan membandingkan file yang di-input dengan file yang dibuat sebagai perbandingan, lalu tahap terakhir software menyajikan hasilnya. Namun ada beberapa perbedaan pada tahap kedua, software offline memerlukan data pembanding yang dipilih pengguna itu sendiri (terbatas), sedangakan software dengan layanan online memiliki data pembanding yang  otomatis diakses secara online (luas) seprti yang terdapat pada software Turn It In.
Software tersebut manghasilkan output berupa penyajian data, jika datam data (berupa makalah) diperoleh kata-kata, kalimat ataupun paragraf yang sama yang tidak menhasilkan sumber (plagiat) software akan memberikan tanda seseuai dengan fitur yang ditawarkan oleh software tersebut.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->