MAKALAH MANFAAT BUAH MANGGIS

Manggis merupakan sebuah pohon tropis yang tumbuh dalam suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untuk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tanaman dewasa. Hortikulturis yang berpengalaman telah menumbuhkan spesies ini di luar ruangan dan membawanya untuk dikembangkan di daerah ekstrem, selatan Florida.


Buah manggis muda, dimana tidak memerlukan pemupukan untuk tumbuh (lihat agamospermy), pertama kali akan berwarna hijau pucat atau hampir putih di bawah kanopi. Saat buah membesar selama 2 hingga 3 bulan ke depan, warna kulitnya akan menjadi hijau gelap. Pada periode ini, pertumbuhan ukuran buah dapat meningkat hingga kulitnya berukuran 6–8 cm (2,4-3,1 inchi) dengan diameter luar, akan tetap keras hingga pematangan akhir tiba.
Sifat kimia dari permukaan bawah kulit manggis terdiri dari berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin yang menjamin astringent dapat menghambat perhatian serangga, jamur, virus tanaman, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah belum matang. Perubahan warna dan pelunakan kulit menjadi proses alami yang menunjukkan pematangan buah dapat dimakan dan benih telah selesai berkembang.
Rasa buah yang khas menjadi salah satu daya tarik dan keeksotisan warna buah manggis ini menyebabkan ia dijuluki sebagai “Ratu Buah”. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat manggis semakin dinikmati.Akan tetapi getah yang terdapat pada kulit manggis ini, membuat banyak orang tidak menggunakanya dan hanya mengolah Buahnya saja. Padahal sebenarnya kandungan dalam kulit manggis ini sangat banyak manfaatnya.
Manggis berkerabat dengan kokamasam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.
Salah satu contoh pemanfaatan kulit manggis yang sering kita dengar adalah untuk kesehatan atau obat herbal karena mempunyai kandungan xanthone dan bioflavonoid yang bagus untuk kesehatan.Tapi bagaimana kalau kulit manggis itu kita ubah menjadi makanan/miunuman yang bisa dikomsumsi untuk semua orang ?
Tidak hanya daging buahnya saja, karena akan dikaji pula tentang pemanfaatan kulit buah manggis yang dapat diolah menjadi jus dan dapat mengatasi berbagai penyakit jika diolah dengan baik.
Manggis bersifat apomiksis obligat, biji tidak berasal dari fertilisasi dan diduga mempunyai keanekaragaman genetik sempit, sehingga diperkirakan manggis di alam hanya satu klon dan sifatnya sama dengan induknya. Kenyataan di lapang menunjukkan adanya keanekaragaman tanaman manggis yang mungkin disebabkan faktor lingkungan mau pun faktor genetik akibat mutasi alami sejalan dengan sejarah tanaman manggis yang telah berumur ribuan tahun. [1]

Dalam karya tulis ini akan dikaji tentang pemanfaatan buah manggis sebagai obat herbal yang mampu mengatasi dan mencegah beberapa penyakit tertentu . Dan juga bisa dimanfaatkan sebagai penambah stamina dll.



Selengkapnya baca di bawah ini atau downlod di sini


This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->