KAJIAN TERHADAP PERKEMBANGAN PEMIKIRAN ILMU MANAJEMEN (School of thought management)

PENDAHULUAN
Kapankah manusia mengenal namanya ilmu manajemen? Pada dasarnya manajemen sudah lama dikenal umat manusia. Praktek-praktek manajerial sebenarnya sudah diterapan pada masa-masa revolusi Industri, walaupun banyak kesepakatan bahwa Ilmu Manajemen mulai di bakukan sebagai suatu kerangka pengetahuan (science) setalah terjadi revolusi Industri di Inggris pada abad 18 pertengahan.
Mempelajari perkembangan ilmu manajemen sangat beragam dan banyak versi. Namun Sthepen P. Robbin membedakannya kedalam empat pendekatan yakni manajemen ilmiah, pendekatan administrasi, pendekatan kuantitatif, dan perilaku organisasi[1]. Bila dibuatkan gambar seperti sebagimana di bawah ini.
Dalam pendidikan, manajemen itu dapat diartikan sebagai aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya. Dipilih manajemen sebagai aktivitas, bukan sebagai individu, agar konsisten dengan istilah administrasi dengan administrator sebagai pelaksananya dan supervisi dengan supervisor sebagai pelaksananya. Kepala sekolah misalnya bisa berperan sebagai administrator dalam mengemban mis atasan, sebagai manajer dalam memadukan sumber-sumber pendidikan, dan sebagai supervisor dalam membina guru-guru pada proses belajar mengajar (Pidarta: 1988).
Selain makalah ini memberikan penjelasan tentang sejarah dan gambaran bagaimana aliran pikiran manusia tentang manajemen masa lalu, diharapkan dapat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mempelajari ilmu manajemen lebih lanjut.

Baca atau Download selengkapnya di sini



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->