Modul Kewirausahaan (XII) : Manajemen Keuangan Pribadi

Salah satu syarat agar wirausaha dapat terumengembangkan  usahanya adalah mengelola  keuangan  pribadi.  Mengelola  keuangapribadi berarti memahami pentingnya nilai uang dan pentingnya merencanakan  masa depan. Seorang wirausaha harus menyadari bahwa uang adalah alat ekonomi yang bila dipergunakan untuk hal-hal produktif dan efektif, maka akan menciptakan kontribusi buat kekayaan pribadi. Tapi, bila uang digunakan tanpa memikirkan masa depan, maka kekurangan  uang di masa depan akan menimbulkan krisis ekonomi di dalam kehidupan pribadi. Uang adalah alat yang terhubung secara nilai ekonomi dengan semua faktor-faktor kehidupan pencipta nilai tambah kehidupan dan ekonomi.

Perilaku boros dan penggunaan uang yang tidak efektif dan produktif, akan menciptakan krisis  keuangan Setiap  pemborosan kecil  secara  perlahan-lahan akan menciptakan akumulasi dalam bentuk pemborosan besar, dan pada akhirnya akan terjadi krisis keuangan dan akan membuat kehidupan  sehari-hari  menjadi sangat berat untuk dijalani.

Seorang wirausaha harus menyadari bahwa setiap orang memiliki kewajiban terhadap masa depan. Bila seseorang  tidak memiliki uang, maka dirinya akan bergantung  kepada orang lain,  dan  setiap orang yang hidupnya bergantung kepada orang lain,  pastilah kemerdekaan dirinya akan hilang, sebab dia terikat dalam kekuatan ekonomi dan keuangan orang lain.

Seorang wirausaha wajib sadar bahwa uang dan kehidupan adalah sebuah realitas. Hubungan uang dengan kehid upan adalah sejak dilahirkan, dia telah masuk ke dalam sistem ekonomi, dan tidak ada hal yang gratis dalam kehidupan.  Oleh karena itu, setiap orang harus  bekerja  keras  dan  memiliki tanggung jawab  kepada diri  sendiri,  untuk dapat membiayai hidupnya dengan penuh penghematan dalam sikap penggunaan  uang yang efektif dan produktif.

Membangun  hubungan  yang logis dari kecerdasan emosi untuk menghormati uang, akan membuat seorang wirausaha menjadi sadar bahwa uang dibutuhkan untuk diri sendiri dan  orang lain. Seorang wirausaha harus  menyadari bahwa uang dibutuhkan untuk menemukan impian dan cita-cita. Uang dibutuhkan untuk membuat perasaan nyaman dan aman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.  Uang haruslah dihargai dan dihormati, tapi tidak membiarkan  uang untuk mengendalikan  dan memperbudak diri manusia. Wirausaha harus cerdas memimpin diri sendiri dan selalu mengendalikan uang, agar uang dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup wirausaha seumur hidup.

Investasikan waktu Anda secara aktif, dan uang Anda akan segera pasif. Itulah rahasia investasi yang paling terjaga di dunia. Rahasia itu begitu sederhana., begitu jelas, dan sangat jarang diperhatikan (Michael LeBoeuf)



Suplemen Bab 12

MENGELOLA KEUANGAN PRIBADI


12.1.           Mengelola Keuangan Pribadi

Manajemen keuangan pribadi adalah seni dan ilmu mengelola sumber daya (money) dari unit individual / rumah tangga Seorang wirausaha harus mampu memanfaatkan uang Wirausaha untuk kehidupan yang menyadarkan diri bahwa pola kehidupan yang sederhana dan tidak boros. Pemborosan akan mengurangi kemampuan untuk memberdayakan potensi Wirausaha dalam membantu peningkatan  keuangan pribadi Wirausaha, dan juga akan menciptakan dampak negatif di dalam usahanya. Semakin seorang Wirausaha mampu memberdayakan potensi dirinya bersama sumber daya keuangan Wirausaha , maka semakin lancar dan kuat usahanya.

Mengelola keuangan pribada tidaklah  mudah diaplikasikan  karena terdapat beberapa langkah  sistematis yang harus diikuti. Namun dengan mengetahui manajemen keuangan pribadi, merupakan  langkah awal untuk aplikasi yang tepat ketika mengelola uang pribadi. Manajemen  keuangan pribadi menuntut adanya pola hidup yang memiliki prioritas. Prinsip kekuatan dari  prioritas berpengaruh juga pada tingkat kedisiplinan seseorang ketika mengelola.

Prioritas akan mendorong wirausaha untuk membahas tentang kedisiplinan yang merupakan  kesadaran  diri  untuk  mematuhi  aturan  serta  kemampuan  diri untumenyesuaikan dirinya dengan perubahan, maka secara eksplisit telah menyentuh kontrol dir(self control).

Baca atau Download selengkapnya di sini


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->