-->

MODUL KEWIRAUSAHAAN ( III ) : KARAKTER WIRAUSAHA SUKSES : Menyelesaikan Masalah 1 : Menjalankan usaha (problem solving)

Kewirausahaan  dalam   perspektif   ekonomi  dapat   dijelaskan  dari   aspek peluang. Sebagaimana beberapa  ahli   mendefinisikan kewirausahaan  sebagai tanggapan yang dilakukan seseorang  terhadap peluang-peluang usaha yang diwujudkan dalam berbagai tindakan dengan berdirinya sebuah unit usaha sebagai suatu hasil dari tindakannya. Dalam perspektif   sosiologi kemampuan menemukan peluang sangat tergantung pada interaksi antar-manusia   untuk   memperoleh dan mengakses informasi   yang  dibutuhkan terkait dengan luang yang ada. Sedangkan dalam perspektif psikologi kemampuan seseorang dalam  menemukan dan memanfaatkan peluang sangat tergantung dari karakter kepribadian yang dimilikinya.
Jelas kiranya bahwa salah satu   faktor keberhasilan seorang wirausahawan adalah kemampuannya dalam jeli melihat peluang dan memanfaatkannya  sebelum dimanfaatkan oleh  orang lain. Kemampuan melihat peluang adalah modal  dalam memunculkan ide  awal  untuk berwirausaha. Tidak semua orang mampu melihat peluang apalagi memanfaatkannya,  demikian halnya kemampuan melihat peluang tidaklah sama antar setiap orang. Seseorang yang telah mengenal potensi diri yang dimilikinya lebih cenderung memiliki kemampuan untuk melihat dan memanfaatkan peluang peluang yang ada. 
Peluang usaha bersumber dari adanya kebutuhan dari individu atau masyarakat. Oleh karena itu jika ingin mulai mewujudkan berwirausaha,  hendaknya terlebih dahulu menjawab pertanyaan Apakah    yang  menjadi    kebutuhan    masyarakat    atau kebanyakan   anggota masyarakat    saat   ini   atau   di   masa   yang   akan   datang?”. Untuk  memahami  kebutuhan  masyarakat diperlukan suatu  diagnosa terhadap lingkungan usaha secara keseluruhan, yang  meliputi faktor ekonomi, politik, pasar, persaingan, pemasok, teknologi, sosial dan geografi.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->