-->

SEJARAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Beberapa filsuf dan  tokoh pendidikan yang  mempunyai pengaruh pada  pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut:

1.     John locke (1632-1704)
·  Pengakuan perbedaan individu
·  Pentingnya bermain pada anak usia dini
2.     Jean-Jacques Rausseau (1712-1778)
·  Anak harus diperlakukan dengan kebaikan dan perhatian
·  Nilai dari pendidikan anak usia dini
·  Anak-anak maju melalui tahap perkembangan.

3.     Johann Pestalozzi (1746-1827)
·  Tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan fisik, moral dan kemampuan intelektual dan kekuatan
·  Hubungan positif antara  guru dan anak adalah penting.
4.     Friedrich Froebel (1782-1852)
·  Diawalai pada TK , berdasarkan bermain dan benda sekitar.
·  Anak-anakmemiliki kemampuan bawaan untuk dikembangkan
5.     Elizabeth peabody (1804-1894)
Mendirikan TK AS pertama di boston pada tahun 1860.
6.     Margaret Mc Millan (1860-1931)
Mendiirikan sekolah pertama pembibitan di london pada tahun 1991
7.     Patty smith Bukit (1868-1946)
Awal pelopor dalam pendidikan TK di Amerika Serikat.
8.     John Dewey (1859-1952)
Tokoh pendidikan Amerika yang menekankan pembelajaran eksperimen dan discovery.
9.     Maria Montessori (1870-1952)
Tokoh pendidikan Italia yang mengembangkan metode Montessori, yang berfokus pada pengembangan intelek melalui eksplorasi bahan.
10.  Arnold Gesell (1880-1961)
Mengembangkan norma pertumbuhan anak-anak
11.  Jean Piaget (1896-1934)
·  Mengemukakan teori perkembangan kognitif anak.
·  Anak-anak belajar melalui eksperimen.
·  Menjelaskan periode perkembangan kognitif.
12.  Lev Vygotsky (1896-1934)
Teori kontruktivime menggambarkan proses sosial pembelajaran dan dampak dari perkembangan bahasa
13.  ErikErikson (1902-1994)
Teori pengembangan kepribadian.

v Highlights (Sorotan) pada Abad 17 dan 18           
Sekitar 1690, philoshoper Jonh locke (1632-1704) adalah salah satu yang pertama untuk menekankan pentingnya perbedaan individu anak itu, tahun-tahun awal dan pengalaman, dan bermain. Jean-jacques Rausseau (1712-1778), seorang philoshoper Prancis disarankan bahwa masyarakat memiliki pengaruh merusak pada anak-anak dan bahwa anak-anak harus diperlakukan dengan simpati dan kasih sayang. Dalam karya klasiknya Emille (1762), Rausseau membahas nilai pendidikan anak usia dini, pendidikan mengusulkan yang dimulai saat lahir dan bahwa anak-anak bergerak melalui suksesi tahap perkembangan. Rausseau tegas dalam keyakinannya bahwa anak-anak belajar melalui interaksi dengan lingkungan mereka, daripada melalui abstraksi dari kata-kata tertulis (Williams, 1999). Dia mengakui bermain sebagai media untuk belajar dan menyarankan bahwa proses berbasis sensorik juga berperan dalam pembelajaran. Para pendidik swiss Johann Pestalozzi (1746-1827) mempertahankan Taht semua orang memiliki hak untuk pendidikan untuk mengembangkan skilss dan belajar hal-hal yang akan membantu mereka untuk menjadi sukses. Tujuan pendidikan, menurut Pestalozzi, adalah untuk mengembangkan moral anak itu, kekuatan fisik, dan intelektual (Williams, 1999).

v  Pengembangan TK dan Sekolah Anak-anak
Friedrich Froebel (1782-1852) originazed taman kanak-kanak pertama di Jerman pada tahun 1837. Dia merancang sebuah lembar terpisah curiculum berdasarkan bermain di mana anak-anak menggunakan Manipulatif untuk mengembangkan keterampilan dan belajar konsep. Dia adalah orang pertama yang merancang lembar terpisah curiculum untuk memenuhi kebutuhan spesifik anak-anak usia dini. Gagasan Froebel yang bermain sangat berbeda dari filsafat kita sekarang. Dia dianggap bermain sebagai sebuah aktivitas, lebih terstruktur diarahkan guru, tetapi juga bisa menjadi lebih kreatif ekspresi diri. Froebel percaya bahwa anak-anak memiliki hadiah bawaan yang perlu dikembangkan dan dibudidayakan bahwa mereka karunia ini dengan memilih aktivitas yang tertarik mereka. Intereset Froebel dalam peran guru dalam mengajukan pertanyaan, mendorong, dan pembinaan telah rearfirmed oleh peneliti seperti Katz dan Chard (1989), seperti memiliki penekanannya pada hubungan guru-anak.
McMillan pembibitan sekolah, Patty Smith Hill (1868-1946) menjadi salah satu pelopor awal pendidikan TK di Amerika Serikat. Sekolah-sekolah pembibitan awal yang diarahkan terutama terhadap anak-anak yang miskin, dengan fokus pada memelihara mereka dan mencegah penyakit baik mental maupun fisik. Seperti penyebaran gerakan, begitu pula perhatian untuk mendidik anak-anak.

v Kontributor Sejarah Lainnya pada Pendidikan Anak Usia Dini
Program yang menggabungkan teori Piaget menekankan bahwa anak-anak belajar melalui eksperimen dan inisiatif dan membangun pengetahuan dan pemahaman mereka sendiri melalui adaptasi terhadap lingkungan.
Teorinya memberikan dorongan yang kuat untuk bermain, termasuk dalam kurikulum anak usia dini. Piaget menggambarkan anak sebagai bergerak melalui empat tahap atau periode perkembangan intelektual (sensorimotor, praoperasional, operasional konkret, dan formal operasional) dan menyimpulkan bahwa waktu dan pengalaman yang diperlukan untuk pematangan, lebih lanjut, ia menyarankan agar anak-anak membutuhkan waktu yang cukup dan banyak bahan manipulatif saat mereka berinteraksi dan bergerak melalui berbagai tahap kognitif. Teorinya adalah hasil dari pengamatan sendiri anak ¬ anak, dan ia menganjurkan observasi guru untuk mencegah kebutuhan ¬ anak tambang dan tahap perkembangan dan untuk mendapatkan kurikulum dari pengamatan mereka.
Vygotsky menyatakan bahwa pembangunan berjalan melalui proses sosial dan bahwa pembelajaran dan pengembangan adalah terpengaruh oleh terjadinya sosial bahasa. Hal ini berbeda dengan perspektif Piaget bahwa pembangunan yang mengarah bahasa dan mengandalkan pada sched internal yang ¬ ule pematangan. Untuk Vygotsky, pembelajaran adalah konstruksi sosial, orang dewasa dan teman sebaya mempengaruhi apa yang anak ¬ anak tahu dan lakukan. Melalui perancah dan dukungan dari rekan-rekan yang mampu dan orang dewasa, anak dapat bergerak ke tingkat yang lebih tinggi pemahaman dan prestasi. Vygotsky menyebut daerah ini pengaruh psikologis zona pembangunan proksimal (ZPD).
Acara lain yang signifikan pada tahun 1970 adalah undang-nndang Hukum, Publik 94-142 Pendidikan untuk Semua Anak Cacat UU tahun 1975 (berganti nama menjadi Individu Penyandang Cacat Undang-Undang Pendidikan tahun 1990). Undang-undang ini diperlukan bahwa semua anak harus diberi kesempatan untuk mencapai potensi mereka sepenuhnya dan bahwa anak-anak dengan kebutuhan khusus dimasukkan di sekolah umum reguler pro-gram bila memungkinkan. Selama tahun 1970-an, lebih banyak penekanan ditempatkan pada anak-anak memahami dengan kebutuhan khusus atau cacat.
Selama akhir abad ke-20, perdebatan berpusat pada kurikulum dalam program anak usia dini menciptakan kontroversi, kebingungan, dan bahkan pertentangan. Beberapa program kurikulum menekankan keterampilan konten seperti matematika, bahasa, membaca, dan ilmu pengetahuan. Program-program ini menganjurkan instruksi langsung, latihan workbook, drill dan praktek, dan pada umumnya menekankan prestasi anak-anak di IQ standar dan tes kesiapan. Pengembang kurikulum lainnya didukung Developmen-penghitungan praktek yang sesuai (DAP), yang mereka percaya adalah selaras dengan teori Piaget dan anak tidak terburu-buru dalam proses belajar akademis ketat sebelum mereka siap. Ini adalah perkembangan anak pendekatan yang bekerja dengan Manipulatif, interaksi sosial, danTop of Form metode yang lebih tradisional dianjurkan. Developmen-penghitungan praktek yang sesuai menganggap seluruh anak, sementara memperhitungkan kebutuhan anak individu (Bredekamp & Copple, 1997).
Developmentalists mempertahankan bahwa bermain tidak boleh ditinggalkan dalam program anak usia dini dalam mendukung instruksi lebih langsung dan formal, keterampilan akademik. Jadi tidak dipanaskan perdebatan menjadi antara kedua berlawanan per spectives ¬ bahwa Asosiasi Nasional untuk Pendidikan Anak usia dini (NAEYC, profesional terbesar sebagai Association-bagi pendidik anak usia dini) mengeluarkan pernyataan kebijakan mendefinisikan posisinya (Bredekamp & Copple, 1997). Demikianlah, kertas posisi telah menjadi dikenal sebagai DAP (praktek sesuai dengan tahapan perkembangan) pedoman untuk developmentalists. Perdebatan antara dua kubu yang berlawanan berlanjut ke abad ke-21.
Model Program berbeda dalam penekanan kurikulum, struktur, metode penguatan, peran guru, kegiatan, dan bahan, tetapi tidak ada program telah ditemukan untuk menjadi yang terbaik untuk semua anak, dan anak-anak dalam setiap perbaikan program acara di daerah ditekankan dalam khususnya Program. Program anak usia dini Banyak di Amerika Serikat telah mengambil pendekatan filosofis eklektik dan menarik dari banyak filsuf dan teori untuk membentuk perspektif yang mendorong tindakan mereka dan kurikulum.

v  Pendidikan Anak Usia Dini pada Tahun 1990-an
            Semakin banyak anak menerima manfaat dari pendidikan anak usia dini pada 1990-an sebagai jumlah anak yang terdaftar dalam program preprimary terus meningkat. Antara 1990 dan 1999, jumlah anak-anak dalam program preprimary naik 7% (US Department of Education, 2001). Fenomena yang paling mempengaruhi tren ini di prekindergarten pendidikan bahwa sekolah lebih dasar yang ditawarkan untuk program 3 - dan 4-tahun anak-anak sebagai bagian dari program reguler mereka akademis.
Dalam sebuah artikel tentang reformasi anak usia dini, Schultz dan Lopez (1995) mengemukakan bahwa sistem pendidikan  anak usia dini cacat terutama karena kurangnya kualitas keseluruhan dalam program, krisis pendanaan, dan staf masalah sering disebabkan oleh upah yang rendah. Mereka menegaskan bahwa program anak yang paling dini gagal menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang akan mengoptimalkan pembelajaran anak-anak usia dini dan pembangunan. Kualitas dalam program anak usia dini sering sulit untuk menilai karena tujuan-tujuan program adalah dengan kebutuhan kurang spesifik. Evaluasi kualitas tidak dapat ditentukan oleh tes prestasi standar karena mereka tidak pantas untuk anak-anak perkembangan lebih muda dari usia 6 tahun (Katz, 1994).
Elkind (1996) menggunakan istilah untuk menggambarkan karakter efektivitas program anak usia dini dan menyarankan agar masing-masing karakter program ditentukan oleh faktor-faktor seperti pelatihan guru, bahan, guru-anak rasio, dan fasilitas fisik. Kualitas dalam program anak usia dini juga ditangani oleh Asosiasi Nasional Kepala Sekolah Dasar (NAESP). Dengan gerakan untuk kabupaten sekolah semakin banyak di seluruh negeri untuk memasukkan kelas untuk 4-year-olds dan dalam beberapa kasus 3-year-olds, kelompok ini menawarkan pedoman untuk menetapkan program pendidikan berkualitas untuk anak-anak dan untuk menilai program-program tersebut sudah mapan (NAESP, 1990).
Menurut NAESP (1990), program meningkatkan kualitas anak citra diri, menguatkan perkembangan sosial dan emosional, mengembangkan keterampilan komunikasi, dan merangsang minat di lingkungan dunia. Selain itu, mereka memperluas konsep dan gagasan, mendorong pemikiran independen, mengembangkan kemampuan, dan memecahkan masalah. Kualitas keterampilan muka program motor, mengidentifikasi kebutuhan khusus, memperkuat rasa hormat terhadap orang lain dan hak-hak orang lain, meningkatkan kreativitas dan apresiasi estetika dan ekspresi, dan meningkatkan kemampuan anak untuk pengendalian diri dan disiplin diri. Kualitas program menjaga kebutuhan seluruh di tengah proses pengajaran dan pembelajaran: Pendidikan anak "seluruh" terus ditekankan pada 1990-an. Baik masyarakat dan seorang pendidik  menekankan pentingnya memenuhi kebutuhan setiap individu anak. Sebuah dorongan utama dalam pendidikan untuk kebutuhan semua anak adalah pemahaman diperoleh dari pendekatan antibias terhadap pendidikan. Konsep antibias pendidikan diperluas selama dekade, dari melihat pendidikan multikultural melalui isu-isu seperti budaya, bahasa, ras, jenis kelamin, kelas, dan orientasi seksual, dengan isu-isu inklusi anak-anak dengan kebutuhan pendidikan khusus (Williams, 1999).

Tabel 1.1
Daftar Sekolah Anak Usia Dini Tahun 1970-2003


1970
1980
1990
2003
3 dan 4 tahun
21%
37%
44%
55%
5 dan 6  tahun
90%
96%
97%
95%
Sumber: Dari Abstrak statistik dari Amerika Serikat, 2005, (Tabel 208), oleh Biro Sensus Amerika Serikat, 2005, Washington, DC: Penulis.

Guru didorong untuk mengevaluasi sikap pribadi mereka dan praktek yang berkaitan dengan keragaman. Pendidik didorong untuk belajar tentang keragaman dengan bergerak di luar dampak budaya mereka sendiri perspektif-untuk melihat bahwa pendekatan mereka bukanlah "satu-satunya cara" atau bahkan dengan cara 'Ketat, "tetapi hanya" satu cara "dalam melakukan sesuatu. budaya yang beragam dan bahasa pada pengembangan dibawa ke dalam fokus lebih jelas.
Ada peningkatan penekanan pada manfaat anak-berpusat instruksi, berbicara, dan interaksi dalam proses pembelajaran, namun, pada kenyataannya, sebagian besar ruang kelas masih teacher centered, dengan anak-anak jarang menjadi peserta aktif dalam pembelajaran mereka sendiri. Inisiatif, perencanaan, berpikir, dan organisasi berada di jantung dari gerakan anak-berpusat kurikulum yang diusulkan oleh Chard (1994), Clark (1997), dan lain-lain. Secara teori, guru bisa memberdayakan dan memotivasi siswa dan mempercepat prestasi mereka dengan memungkinkan mereka untuk membuat keputusan sendiri tentang belajar mereka. Namun, kesenjangan antaratheoiy dan praktek tetap lebar.
Guru anak usia dini harus mengakui pentingnya mengembangkan hubungan-dengan hangat dan penuh perhatian, anak-anak usia dini.
Ia percaya bahwa anak-anak tumbuh dalam diri, kepercayaan diri, dan keterampilan yang mereka capai tugas perkembangan baru. Mengutamakan pendekatan pembangunan, peneliti menegaskan gagasan bahwa anak-anak mengembangkan ¬ tingkat mental yang tidak dipercepat dari waktu ke waktu, meskipun program dan guru telah mencoba untuk mempercepat pembelajaran mereka. Mereka yang peduli dengan pendidikan anak usia dini
menyadari bahwa
program anak usia dini harus peduli dengan semua bidang pertumbuhan anak, harus berorientasi pada tindakan, dan harus mencakup mendidik anak-anak dalam etika, nilai-nilai, dan moral.

Sumber
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->