Modul Kewirausahaan (XI) : Konsumen Korporasi

Penjualan yang efektif memerlukan rencana dan strategi. Langkah awal bisa berupa presentasi  atau  sekadar  surat  penawaran,  namun  setiap  penjualan tergantung pada negosiasi. Untuk menjual produk kepada konsumen korporasi, strategi penjualan harus didasarkan pada analisa menyeluruh atas kondisi konsumen, produk, pasar, dan persaingan.

Proses penjualan harus melalui sejumlah tahap sebelum kesepakatan dicapai. Setiap tahap ini perlu direncanakan. Tentukan hasil yang diinginkan, taktik yang akan digunakan, dan tanggapan terhadap penyimpangan Sempurnakan rencana setiap tahap, masukkan informasi yang terbaru. Penilaian akan kebutuhan dan harapan konsumen korporasi adalah menjadi titik awal perencanaan strategi penjualan dan negosiasi  serta presentasi. Pastikan bahwa semua informasi yang  relevan  dimiliki untuk memungkinkan menjawab semua pertanyaan konsumen. jangan  lupa untuk menutup pertemuan dengan mengulang kelebihan khusus produk atau layanan yang ditawarkan.

Bila anda mencari  uang,  anda akan  dipaksa mengupayakan  pelayanan  yang terbaik. Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang baik, maka andalah yang akan dicari uang.
(Mario Teguh)




MENJUAL KEPADA KONSUMEN KORPORASI


11.1.          Mempelajari Konsumen Korporasi

Strategi penjualan kepada konsumen korporasi bergantung pada keahlian bernegosiasi dan meyakinkan  calon pembeli, yang hanya dapat diterapkan dengan baik bila didukung oleh pemahaman dan keyakinan akan produk atau jasa yang ditawarkan. Konsumen perlu diberi tahu apa yang perlu mereka ketahui; jadi pada saat presentasi, kemampuan menjawab segala macam pertanyaan yang mungkin timbul sangatlah penting. Memiliki pengetahuan terhadap produk sendiri saja tidaklah cukup, harus pula ditambahkan pengetahuan produk serupa agar ada pembanding.


Kondisi ini menuntut wirausaha menampilkan kepercayaan diri melalui berbagai upaya agar menjadi pakar di bidangnya. Oleh karena itu,  mempelajari literatur tentang pasar, mendiskusikan pengetahuan teknis,  operasi, dan produksi kepada anggota tim  menjadi sangat penting dalam menjual produk dan jasa kepada konsumen korporasi.

Baca atau Download selengkapnya di sini



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->