Modul Kewirausahaan (IX) : Menetapkan Inovasi dan Menciptakan Produk dan Layanan yang unggul


9.1.   Manajemen Inovasi


Manajemen inovasi memegang peranan penting dalam pertumbuhan perusahaan dan menguasai  persaingan. Beberapa contoh perusahaan yang mengelola  inovasi dengan baik adalah Apple dan Google.  Sejak didirikan dari tahun 1970-an, Apple yang terus mengembangkainovasinya terus sehingga menghasilkaproduk produgagdet IpadIphone, Ipod yang diterima di pasar.  Bahkan setelah meninggalnya sang pendiri Steve Job, Apple diperkirakan akan meluncurkan I-carSelain itu, Google juga muncul dengan dengan berbagai  layanan search engine dan dilengkapi dengan berbagai layanan lain yang unik di Internet.

Seorang wirausaha memerlukan manajemen Inovasi untuk mengatur ide-ide hasil kreatifitas dan inovasi yang mungkin dapat menjadi sangat banyak. Keberadaan ide-ide tersebut harus diatur dan disusun secara sistematis agar sesuai dengan pengembangan usaha, melalui sistem yang terstruktur, sistematis, efisien, dan berkelanjutan. Perlu disadari oleh wirausaha, bahwa dari 1000 ide yang brilian, mungkin hanya satu yang menjadi inovatif. Untuk menghasilkan 100 jenis produk dalam satu tahunnya, maka dibutuhkan 100.000 ribu ide brilian.   Banyaknya ide tersebut, akan menuntut manajemen inovasi yang baik untuk menghindarkan ide-ide yang menumpuk dan  terlambat untuk diperkenalkan di  pasar. Kesalahan dalam meluncurkan  produk dan jasa atau terlambat diperkenalkan  kepada pasar maka  akan  menimbulkan potensi kehilangan pendapatan dan  kehilangan kemampuan bersaing dengan yang lain.

Wirausaha juga harus menyadari bahwa, banyak perubahan fundamental  bagaimana perusahaan menghasilkan ide dan nilai-nilai baru dan membawanya ke pasar selama aba20. Hal ini sangat penting  mengingat wirausaha baru khususnya mahasiswa mengetahui apa yang sudah terjadi dalam manajemen inovasi yang dikembangkan oleh perusahaan  yang unggul bahkan pesaing yang sudah ada terlebih dulu.  Wirausaha perlu mengetahui bahwa pergerakan perubahan konsep/teori inovasi melahirkan perjalanan melalui regenerasi konsep dan pend ekatan yang kemudian  melahirkan perubahan generasi inovasi. Terdapat dua pandangan dalam mengurai generasi model inovasi yaitu diambil dari Davenport (2003) dan Marinova (2003).

Baca atau Download selengkapnya di sini





NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->